Kamis, 10 Januari 2013

Nikah Siri

    Saya pernah melihat debat disalah satu TV swasta mengenai Nikah Siri, debat tersebut mendebatkan mengenai ulah salah satu pejabat daerah di Negeri ini yang melaksanakan Nikah Siri dan hanya berlangsung 4 hari saja. Salah satu hal yang membuat saya tercengang dan menurut saya adalah sebuah komentar yang lucu dimana salah satu peserta debat mengatakan bahwa Nikah Siri terjadi karena poligami dipersulit. Bagi saya apa yang disyaratkan negara terhadap seorang laki-laki untuk berpoligami hanya untuk menjamin bahwa hak-hak perempuan terlindungi dalam rumah tangga, karena apabila Negara tidak mengatur mengenai hal tersebut maka akan banyak laki-laki yang secara ekonomi hanya mampu menghidupi satu istri akan nekat berpoligami, karena saya melihat poligami yang terjadi saat ini hanya karena nafsu.
     Saya bukanlah seorang yang anti poligami tapi saya sangat tidak setuju dengan nikah siri karena "SIRI artinya DISEMBUNYIKAN ATAU RAHASIA" pernikahan adalah sesuatu yang membahagiakan dan harusnya diberitakan supaya orang-orang tahu bahwa seseorang telah menikah. Saya tidak setuju dengan nikah siri karena dalam hukum Negara kita terutama mengenai kependudukan sebuah pernikahan yang tidak didaftarkan maka anak dari hasil pernikahan tersebut tidak bisa didaftarkan sebagai anak dari pasangan suami istri yang menikah tersebut. Dalam hal keperdataan seorang Anak yang dilahirkan dari Pernikahan siri maka tidak memiliki hubungan keperdataan dengan Ayahnya.
     Nikah siri atau nikah yang tidak dicatatkan juga sangat merugikan bagi pihak istri karena sama sekali tidak ada perlindungan secara hukum bagi perempuan yang dinikahi secara siri. Dalam hal perceraian sang suami bisa seenaknya sendiri karena tidak ada bukti surat dari pernikahan tersebut. 
        Jadi pada intinya bagi orang tua mohon dengan sangat agar bagi para orang tua yang mempunyai anak perempuan jangan pernah ijinkan anak anda menikah siri meskipun itu dinikahi pejabat. Karena tidak ada perlindungan hukum sama sekali bagi para istri yang dinikahi secara SIRI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar